Pimpinan PA Stabat

Org, Adm, Kepeg & Keu

Peraturan Perundangan

Perpustakaan

Pedoman Perilaku Hakim

Diskusi Hukum





| Selamat datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Stabat | Welcome to The Official Website of Stabat Religious Court | Prima Dalam Layanan, Taat Pada Aturan |

Perencanaan PDF Cetak E-mail
Senin, 16 Oktober 2017 16:14

Perencanaan

Stabat, pa-stabat.net (16/10)
Menurut Nickles, Mc Hugh Perencanaan atau Plannning adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Di antara kecenderungan dunia bisnis sekarang, misalnya, bagaimana merencanakan bisnis yang ramah lingkungan, bagaimana merancang organisasi bisnis yang mampu bersaing dalam persaingan global dan lain sebagainya.

Dalam konsep islam tentang perencanaan yang dipersepsikan oleh Quraisy Shihab bahwa ayat “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.( al-hasyr:18)” adalah tentang perencanaan.

Dan dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa perlunya perencanaan untuk masa depan, apakah untuk diri sendiri, pemimpin keluarga, lembaga, masyarakat maupun sebagai pemimpin Negara. Choiruddin Hadhiri. SP, dalam bukunya “Klasifikasi Kandungan Al-Qur’an”, menyatakan:“Dalam setiap langkah gerak, manusia harus instrospeksi memperhatikan apa-apa yang telah diperbuatnya untuk kebaikan masa depan, dengan kata lain berarti manusia harus memiliki rencana, sehingga manusia hidupnya terarah dan tidak terjerumus ke lubang yang sama”.

Juga dari ayat tersebut dapat dicermati bahwa perencanaan adalah proses yang berkelanjutan, bertahap dan tertata rapi. Artinya perencanaan tidak bersifat mutlak, kaku tetapi ada peluang untuk perbaikan dan sisipan kebijakan baru. Dan dalam menyampaikan perbaikan atau kebijakan baru sampaikanlah dengan cara yang baik (wajadilhum billati hiya ahsan). Dengan demikian perencanaan adalah proses yang berkelanjutan dalam rangka menyempurnakan aktifitas untuk mewujudkan tujuan bersama.

Perencanaan merupakan salah satu unsur dari management karena dalam management terdiri atas planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), Actuating (tindakan/pelaksanaan) dan controlling (pengawasan).
Oleh karena itu rencanakanlah dan usahakanlah bagaimana umur yang masih tersisa ini menjadi umur yang penuh keberkahan dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain, seperti ungkapan berikut ini:بركة العمر حسن العمل berkatnya umur itu dengan baiknya amal.
Demikian sekilas untaian mutiara taushiyah yang disampaikan oleh Drs.Marwadi Lingga, M.A. pada acara bintal Pengadilan Agama Stabat yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Muharram 1439 H/12 Oktober 2017, semoga bermanfaat.

Terakhir diperbarui Jumat, 20 Oktober 2017 16:54
 

Add comment


Security code
Refresh

Direktori Putusan

Index Kepuasan Masyarakat



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini55
mod_vvisit_counterKemarin237
mod_vvisit_counterMinggu ini901
mod_vvisit_counterMinggu lalu2001
mod_vvisit_counterBulan ini6293
mod_vvisit_counterBulan lalu10025
mod_vvisit_counterJumlah Total655782

Tamu yang sedang online : 6
IP Anda 54.162.139.105
,
23 Nov 2017
pa-stabat.net
Copyright © 2011 Tim IT Pengadilan Agama Stabat