Pimpinan PA Stabat

Org, Adm, Kepeg & Keu

Peraturan Perundangan

Perpustakaan

Pedoman Perilaku Hakim

Diskusi Hukum





| Selamat datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Stabat | Welcome to The Official Website of Stabat Religious Court | Prima Dalam Layanan, Taat Pada Aturan |

Tanggungjawab Pimpinan Terhadap Bawahan PDF Cetak E-mail
Jumat, 20 Oktober 2017 16:55

Tanggungjawab Pimpinan Terhadap Bawahan

Stabat, pa-stabat.net (20/10)
Firman Allah dalam surah Al Isra’ ayat 15 “Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul doa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul”.

Allah memberitahukan bahwa barangsiapa berbuat sesuai dengan petunjuk dan mengikuti kebenaran serta mengikuti jejak kenabian, maka yang demikian itu akan berakhir dengan hasil yang terpuji bagi dirinya sendiri.

Wa man dlalla (“Dan barangsiapa yang sesat,”) yakni menyimpang dari kebenaran serta keluar dari jalan petunjuk, berarti ia telah berbuat jahat terhadap dirinya sendiri, dan akibatnya juga akan kembali pada dirinya sendiri.

Setelah itu, Allah Ta’ala berfirman: wa laa taziru waaziratuw wizra ukhraa (“Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain.”) Maksudnya, seseorang tidak akan memikul dosa orang lain, dan tidaklah seseorang itu berbuat jahat melainkan akan berakibat pada dirinya sendiri. Sebagaimana yang difirmankan Allah ini: “Dan jika seseorang yang berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul dosanya itu tiadalah akan dipikulkan untuknya sedikit pun meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya.” (QS. Faathir: 18)

Dari ayat tadi terdapat tiga pelajaran yang dapat dipetik:‎

  1. Allah menciptakan manusia bebas agar dia memilih sendiri jalan kehidupannya.
  2. Allah tidak akan mengazab seseorang atau umat tanpa memberikan petunjuk dan menyempurnakan hujjah-Nya.
  3. Akal tidak cukup bagi kebahagiaan manusia dan membutuhkan hidayah para nabi.

Melihat fenomena semakin maraknya praktek KKN di negara kita ini tanpa kecuali juga di lingkungan Peradilan meskipun sejak 18 tahun yang lalu telah diundangkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang PPenyelenggara Negara Yang Bersih dan Bebas dari KKK dan pada tahun yang sama telah diundangkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, serta di tindaklanjuti dengan Surat Edaran Mahkamah Agung No. 03 Tahun 2012 tentang Penandatangan Fakta Integritas, setiap aparatur Peradilan dilantik menjadi pejabat, disusul lagi dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung terakhir dengan Maklumat Ketua Mahkamah Agunung Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tanggal 11 September 2017 sepertinya pantang mundur dari praktek Korupsi, yang ditandai dengan semakin sering terdengar terjaring Operasi Tangkap Tangan.

Sehubungan dengan fenomena tersebut banyak anjuran yang ditujukan kepada Ketua Mahkamah Agung supaya mundur dari jabatannya sebagai wujud dari tanggungjawab pimpinan terhadap bawahannya yang terlibat korupsi.
Terhadap desakan supaya Ketua Mahkamah Agung ikut bertanggungjawab terhadap tindak pidana yang diperbuat oleh bawahannya, jika dihubungkan ketentuan ayat Al qur’an tersebut di atas, maka penceramah bahwa dengan adanya maklumat tersebut hanya sebagai Kontrol dan pengawasan dari atasan kepada bawahannya. Dan tidaklah mesti Pimpinan harus ikut dipidana karena bawahannya berbuat pidana, semoga bermanfaat.

Demikian sekilas uraian ceramah bintal Pengadilan Agama Stabat pada hari Kamis tanggal 30 Muharram 1439 H/19 oktober 2017 oleh Dra. Mirdiah Harianja, S.H., M.H.

Terakhir diperbarui Rabu, 01 November 2017 14:57
 

Add comment


Security code
Refresh

Direktori Putusan

Index Kepuasan Masyarakat



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini55
mod_vvisit_counterKemarin237
mod_vvisit_counterMinggu ini901
mod_vvisit_counterMinggu lalu2001
mod_vvisit_counterBulan ini6293
mod_vvisit_counterBulan lalu10025
mod_vvisit_counterJumlah Total655782

Tamu yang sedang online : 6
IP Anda 54.162.139.105
,
23 Nov 2017
pa-stabat.net
Copyright © 2011 Tim IT Pengadilan Agama Stabat