Pimpinan PA Stabat

Org, Adm, Kepeg & Keu

Peraturan Perundangan

Perpustakaan

Pedoman Perilaku Hakim

Diskusi Hukum





| Selamat datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Stabat | Welcome to The Official Website of Stabat Religious Court | Prima Dalam Layanan, Taat Pada Aturan |

Manfaat Ayat Kursiy PDF Cetak E-mail
Rabu, 01 November 2017 14:47

Manfaat Ayat Kursiy

Stabat, pa-stabat.net (01/11)
Ayat Kursi adalah satu ayat yang terdapat dalam surah Al Baqarah ayat 255. Surat al Baqarah ini diturunkan di Madinah dan Ayat ke-255 diturunkan Allah dengan khusus yaitu pada malam setelah Hijrah. Ayat ini juga didampingi oleh malaikat– malaikat yg jumlahnya 4 ribu sampai 8 ribuan ketika diturunkan karena sangat mulia. Disebut Ayat Kursi karena di dlm ayat ini mencakup kemertabatan dan disyiarkan di atas kebeseran Allah. Rasulullah yang merupakan Nabi kesayangan Allah dengan cepat memberi perintah kepada Sang Penulis Al-Quran Zaid bin Thabit untuk secepatnya menuliskan ayat tersebut dan juga menyebarkannya.


Manfaat ayat kursi cukup penting dalam menjalani kehidupan sehari hari, alasannya karena ayat ini memiliki keistimewaan dan dapat mengusir hal buruk. Bahkan para syaitan dan iblis menjadi panik huru–hara ketika ayat ini turun dan dituliskan di Al-Quran. Subhanallah, begitu istimewanya Ayat Kursi. Allah tidak menurunkan ayat ini begitu saja tetapi memang ayat ini memiliki banyak manfaat untuk diri kita.
Banyak sekali manfaat membaca dan mengwiridkan ayat kursiy diantaranya:

  1. Jika ayat kursi dibaca setelah sholat fardhu, orang tersebut memperoleh lindungan Allah kecuali maut. Demikian dalam hadis Riwayat Annasai yang dishohiskan oleh Ibnu Hibban. Subulussalam jilid I halaman 385.
  2. Apabila seseorang membaca ayat Kursi di perjalanan, maka orang tersebut Insya Allah akan memperoleh keselamatan sampai ia tiba di tujuan.
  3. Manfaat baca ayat kursi setelah sholat fardhu, dikatakan bahwa siapapun yg membaca ayat Kursi penuh kekhusyukan sesudah mereka melakukan shalat fardhu di pagi & sore hari, maka Insya Allah kuasa Allah SWT bakal melindungi kita dari godaan syaitan, serangan binatang buas, sampai kejahatan orang lain yg bisa mengancam keluarganya.
  4. Siapa yang membaca 4 ayat dari awal surah Al Baqarah, ayat kursiy, dua ayat sesudah ayat Kursiy dan 3 ayat terakhir surah Al Baqarah ia dan keluarganya pada hari itu tidak akan didekati oleh syetan dan sesuatu yang tidak disukainya. HR.Addailamiy.
  5. Segala sesuatu ada gumbalnya dan setiap gumbal Al Quran adalah surah Al Baqarah dan padanya terdapat satu ayat yang merupakan Sayyidatul Qur’an yaitu ayat Kursiy, jika dibaca ayat tersebut di suatu rumah padahal dirumah itu ada syetan, syetan itu akan keluar. HR.Atturmuzi.

Demikian sekelumit inti Ceramah bintal Pengadilan Agama Stabat pada hari Kamis tanggal 6 Shafar 1439 H/26 Oktober 2017 oleh Drs.M.Arsyad Harahap, S.H.

Terakhir diperbarui Kamis, 09 November 2017 16:58
 

Add comment


Security code
Refresh

Direktori Putusan

Index Kepuasan Masyarakat



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini55
mod_vvisit_counterKemarin237
mod_vvisit_counterMinggu ini901
mod_vvisit_counterMinggu lalu2001
mod_vvisit_counterBulan ini6293
mod_vvisit_counterBulan lalu10025
mod_vvisit_counterJumlah Total655782

Tamu yang sedang online : 6
IP Anda 54.162.139.105
,
23 Nov 2017
pa-stabat.net
Copyright © 2011 Tim IT Pengadilan Agama Stabat