Copyright 2018 - Pengadilan Agama Stabat

Stabat, pa-stabat.net (05/03)

Surga merupakan tempat yang dijanjikan Allah untuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepadanya di akhirat kelak. Dalam Al-Qur'an, surga disebut sebagai jannah yang digambarkan sebagai tempat yang sangat luas dan berisi segala kenikmatan. Terdapat istana dengan sungai yang mengalir di bawahnya, tahta kebesaran dengan apa-apa yang terbuat dari emas dan permata, buah-buahan, dan juga para bidadari.

Surga (jannah) yang disediakan oleh Allah Swt dan diperuntuk hanya bagi orang yang beriman, karena ada ada 8 (delapan) kriteria dan persyaratan untuk bisa masuk kedalamnya yaitu:

  1. Jannatul Firdaus Surga yang tertinggi) QS. Almukminun ayat 11.
  2. Jannatul ‘And (surga tempat menetap) Qs.Attaubah ayat 72
  3. Jannatun Na’im (surga yang penuh kenikmatan) QS. Al Qalam ayat 34
  4. Jannatul Ma’wa (Surga tempat kediaman) QS. Assajadah ayat 19
  5. Jannatud Darusslam (Surga rumah keselamatan) QS. Al An’am ayat 127
  6. Jannatud Daarul Muqamah (Surga kekal dala kenikmatan) QS Fathir ayat 34-35
  7. Jannatul Maqaamul Amin (Surga Tempat yang aman) QS. Addukhan ayat.51
  8. Jannatul khuldi (Surga kekelan) QS.Al Furqan ayat 15.

Dalam kesempatan kali ini yang dibahas adalah tentang surge yang pertama yaitu Jannatul Firdaus. Jannatul Firdaus, sebagai surga yang tertinggi tentunya memilki cirri-ciri khas tersendiri untuk boleh mamasukinya. Untuk memngetahui cirri-ciri orang yang akan memsukinya, mari kita simak Surah Al Mukminun ayat 1 s/d 11 yang sekaligus merupakan tanda-tanda orang yang menang/sukses:

  1. orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,
  2. orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,
  3. orang-orang yang menunaikan zakat,
  4. orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki.
  5. orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
  6. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

Surga firdaus adalah surga yang disebut-sebut sebagai surga idaman kaum muslimin. Di dalam surga firdaus terdapat kenikmatan yang tiada tara. Bidadari, rumah mewah, makanan lezat, para pelayan, buah yang segar, tempa tidur yang empuk lagi nyaman, perhiasan yang berupa emas dan perak, dan segalanya telah disiapkan di dalam surga firdaus.

Oleh karena itu mari kita berikhtiar sekuat tenaga untuk mencapai ke enam criteria tersebut dalam surah Al Mukminun 1-11 tersebut di atas dengan penuh keikhlasan, semoga kita termasuk orang yang beruntung memasuki Jannatul firdaus, aamiin.
Demikian ikhtisar ceramah Bintal Pengadilan Agama Stabat yang disampaikan oleh Drs. H. Sardauli Siregar, M.A. pada hari Rabu tanggal 12 Jumadil Akhir 1439 H/28 Februari 2018, semoga bermanfaat.

 

Link Terkait :