Copyright 2018 - Pengadilan Agama Stabat

Stabat, pa-stabat.net (08/06)
Pengadilan Agama Stabat setiap tiba bulan yang penuh barokah yakni bulan Ramadhan selalu membuat kegiatan yaitu kultum ba’da zhuhur dan pengumpulan infaq Ramadhan yang pada akhir Ramadhan seluruh infaq akan diserahkan kepada fakir miskin yang berdomisili di sekitar kantor. Alhamdulillah infaq terkumpul sejumlah Rp2.750.000,00 (dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang insya Allah akan diserahkan kepada sebelas orang pada hari Jum’at tanggal 23 Ramadhan 1439 H.

Akan tetapi pada Ramadhan tahun 1439 Hijriyah ini disamping kegiatan-kegiatan tersebut di atas tetap dilaksanakan ditambah lagi kegiatan baru yaitu mengadakan tadarus al qur’an yang dirangkai dengan pendalaman ilmu tajwid, makharijul huruf, fashahah setiap hari kerja di adakan di mushalla Kantor Pengadilan Agama Stabat pada pukul 08.00 s/d 09.00 WIB, pelaksananya dibagi dua kelompok dengan dibimbing dan dipandu oleh masing-masing kelompok satu orang pembimbing.
Pada hari ini Kamis tanggal 22 Ramadhan 1439 atau 7 Juni 2018 merupakan hari terakhir kegiatan Kultum untuk tahun ini, oleh karena itu Bapak Wakil Ketua (Drs. Mhd. Nuh, S.H., M.H. mengadakan evaluasi tentang kegiatan selama Ramadhan. Wakil Ketua menyatakan bahwa seluruh program/jadwal kegiatan Ramadhan telah berjalan dengan baik dan lancar, akan tetapi ada beberapa kelemahan/kekurangan yang perlu mendapat perhatian seluruh karyawan Pengadilan Agama Stabat untuk perbaikan dimasa yang akan dating.
Selanjutnya Pak Wakil menyampaikan taushiyahnya yang berhubungan dengan keutamaan shalat berjamaah dan membaca Al Qur’an, sesuai dengan hadis-hadis Rasul di bawah ini:

  1. Berjalan ke mesjid untuk berjamaan/tadarus itu setiap langkah dinilai dan langkah pertama menghapus dosa sedangkan langkah kedua akan meninggikan derajatnya, bayangkan berapa puluh langkah itu dari ruanganmu sampai ke mushalla.
  2. Sampai ke mushallah/mesjid sebelum azan untuk shalat berjamaah, akan didoakan oleh Malaikat dengan doa Allahummaghfirlalu (Ya Allah Ampunilah dia) Allahummarhamhu (Ya Allah rahmatilah ia).
  3. Nilai shalat berjamaah 27 bila dibandingkan dengan shalat munfarid/sendiri dapai nilai 1, bahkan shalat Isya berjamaah laksana shalat separuh malam dan siapa yang shalat shubuh berjamaah laksana ia shalat sepanjang malam.
  4. Siapa yang membaca alqur’an, nanti alqur’an akan memberi syafa’at kepada yang membacanya di hari kiamat.
  5. Siapa yang meletakkan alqur’an di hadapannya, maka alqur’an akan membawanya ke surge dan siapa yang meletakkan alqur’an dibelakangnya maka alqur’an akan menggiringnya ke neraka.
  6. Siapa yang berkumpul/melingkar dalam mesjid untuk membaca alqur’an, maka malaikat membentangkan sayapnya untuk menaungi orang-orang yang membaca alqur’an.

Terakhir kepada Pengurus /BKM membuat jadwal tadarus alqur’an berkelanjutan setelah lebaran nanti.

Oleh karena hari ini merupakan kultum terakhir, maka oleh Ketua Pengadilan Agama Stabat, menutup kegiatan Ramdhan 1439 Hijriyah ini dengan mengucapkan Alhamdulillahi robbil alamain.